IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI BULLYING DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan karakter merupakan salah satu hal yang dilakukan untuk membantu peserta didik dalam memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berkaitan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, orang lain, lingkungan dan negara. Pendidikan karakter sangat penting untuk diterapkan pada peserta didik sejak dini agar peserta didik tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain seperti tindakan bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar sebagai upaya pencegahan terhadap perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 31 Mataram belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini terlihat dari masih banyaknya peserta didik yang melakukan tindakan bullying di sekolah. Bullying tersebut terjadi karena berbagai faktor seperti kurangnya perhatian dari orangtua, lingkungan tempat tinggal maupun sekolah serta pemahaman terhadap karakter yang masih kurang. Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya yaitu melakukan edukasi tentang anti bullying, penanaman karakter dengan kegiatan pembiasaan harian dan mengadakan kegiatan-kegiatan religius.
References
Arofah, Y. N. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mencegah Bullying pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus SDN Negeri Sraturejo II Kecamatan Baureno. RUNGKAT: RUANG KATA, 1(2), 33-38.
Fika, R. N. D., & Maknun, L. L. (2023). Urgensi pendidikan karakter bagi anak usia SD untuk mencegah perilaku bullying. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 1-21.
Jumarnis, S. A., Anugerah, J. C., & Sinaga, Y. J. (2023). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Bullying Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1103-1117.
Manar, S. A. (2024). Analisis Strategi Penerapan Pendidikan Karakter untuk Mencegah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 54-59.
Parisu, C. Z. L. (2025). Strategi Efektif Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar melalui Pendekatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kajian Pendidikan dan Cakrawala Pembelajaran, 1(1), 36-45.
Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020, November). Pencegahan bullying dalam pendidikan karakter melalui peran guru di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 633-640).
Unang, M. O. O., Lenggu, P. A., Fomeni, S. D., Suri, Y. D., & Dethan, J. (2025). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENCEGAH BULLYING SEJAK DINI. Edukreatif: Jurnal Kreativitas dalam Pendidikan, 6(1).
Yandri, L. I., & Adha, C. D. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Mencegah Bullying Di Sekolah Dasar 10 Tanjung Bonai Tanah Datar. Menara Pengabdian, 3(2), 102-107.
Copyright (c) 2025 Maya Ardinita, Mita Adelia, Muammar Zulham Maulana, Nanda Nur Sabrina, Nur Mahmudi Insani, Nurlita Azizah, Olevia Siptiandari, Siti Istiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.