PENDEKATAN AKTIF-KOLABORATIF: PENGUATAN LITERASI SISWA SD LEMAHRUBUH MELALUI PROYEK DAN DISKUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode diskusi dan proyek dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Lemahrubuh, dengan fokus pada peningkatan keaktifan, keterlibatan, dan keterampilan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, di mana siswa terlibat secara aktif dalam bertukar pendapat, menyampaikan gagasan, serta membangun pemahaman secara kolaboratif. Sementara itu, penerapan metode proyek memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan lebih bermakna melalui aktivitas tugas yang relevan dengan konteks nyata, seperti menyusun laporan atau melakukan presentasi secara berkelompok. Guru memiliki peran sentral sebagai fasilitator yang mengarahkan jalannya diskusi, mengatur komposisi kelompok secara seimbang, serta memastikan setiap siswa mendapatkan peran sesuai kemampuannya. Penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti nyanyian dan video juga turut meningkatkan motivasi dan fokus siswa. Secara keseluruhan, implementasi kedua metode ini berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan membaca, rasa tanggung jawab, empati, dan kerja sama antarsiswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan pelatihan bagi guru agar metode diskusi dan proyek dapat diterapkan secara lebih luas pada berbagai jenjang dan mata pelajaran untuk menunjang pembelajaran yang bermakna dan berorientasi pada pengembangan karakter serta keterampilan abad 21.
References
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Efendy, T. (2023). Konsep Sistem Among Dalam Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1231–1242. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.274
Hilaliyah T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini.
Nanga, B., Ngadha, C., Goreti, M., Ledu, G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. (2023). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 SD Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In STKIP Citra Bakti.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Saputri, R. E., Rizkia, A. S., Alfiah, & Sabibah, S. N. (2024). Peran Guru Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis PjBL Kelas II (Project Based Learning). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1097
Sholihah, M., Amaliyah, N., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2826
Suparlan. (2021). KETRAMPILAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680-9694.
Yuliana. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasisi Komputer Model Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekomomi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Prosiding Seminar Nasonal Pendidikan Ekonomi & Bisnis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Copyright (c) 2025 Nadhila Dzikrina Mumtaza, Heru Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.