CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI SD
Abstract
The learning problems that are often encountered are the teacher's lack of mastery of the learning model and the teacher's lack of understanding of the proper use of media, causing students to not understand the subject matter. The use of learning models with the right media can increase student learning activities and outcomes. The learning model used in this lesson is Contextual Teaching and Learning (CTL) assisted by Learning CD media on plant parts and their functions in elementary schools. The learning process takes place referring to the seven components of CTL.
References
Arikunto, S, Suhardjono dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi (Sryani, Ed.). Jakaarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bakar, B. (2017). Penerapan contextual teaching and learning berbantuan media CD pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SD Inpres Kapaleo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.
Ginting, K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 060885 Medan. Jurnal Tematik. 3 (12).
Hariyati. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Media Audio Visual Berbentuk CD Interaktif Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. JGSD , (online) 01 (02).
Heinich, R. at all, (2002) Interactional Media and Technologies for Learning New Jersey: Pearson Education
Heinich, R. Molenda, M, Rossell, J.D dan Smaldino, S.E. (2002). Interactional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Pearson Education.
Johnson, E. B. (2008). Contextual Teaching Learning : menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan.
Kusmaryono, I. (2022). Keefektifan pembelajaran kontekstual berorientasi penemuan berbantuan CD pembelajaran dan LKS pada materi bilangan bulat di sekolah dasar. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 50(126), 14-31.
Mikarsa, H.L dkk. (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakakarya.
Rahmawati, T. (2018). Penerapan model pembelajaran ctl untuk Meningkatkan hasil belajar siswa sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 12-20.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sadiman, A, S. Raharjo, R. Haryono, A. dkk. (2014). Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setyawan, B. (2012) Pengaruh Media Power Point Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 39 Surabaya, E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 4 (6).
Sihono. 2004. Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam KBK. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 1 (1).
Sunandar. 2009. Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (online) 16 (1) 59-68.
Suprayekti, dkk. 2006. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Copyright (c) 2022 Bahmid Bakar, Moh. Farid Nurul Anwar, Heri Setiawan, Siti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.