PENGARUH MODEL PBL BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang baru dalam dunia pendidikan. Salah satu platform yang semakin populer adalah Quizizz, sebuah aplikasi berbasis game yang memungkinkan pembuatan kuis interaktif. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran inti seharusnya menjadi wadah ideal untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Model Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana mereka bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyelidiki masalah kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Systematic Literature Review adalah metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi dan menafsirkan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan tinjauan sistematis terhadap jurnal dan sumber terkait lainnya dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Problem Based Learning (PBL) berbasis Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA dalam pembelajaran matematika.
References
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Ariyana, Y., et al. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.
Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562-569.
Hartono, S., & Susanto, H. (2021). Quizizz-Enhanced Problem Based Learning: Does It Really Improve Critical Thinking in Mathematics? Journal of Educational Technology Development and Exchange, 14(1), 61-75.
Hidayat, W., et al. (2020). The Effect of Problem-Based Learning on Critical Thinking Skills of High School Students in Mathematics. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3), 319-332.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Maulana, A. (2017). Challenges in Implementing Problem-Based Learning in Mathematics. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 1-10.
Maulidya, A., & Aldila, R. N. (2021). Quizizz as an Interactive Learning Media in Active and Collaborative Learning. Journal of Teaching and Learning in the Digital Age, 6(1), 15-24.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nurfatin, A., et al. (2019). Problem-Based Learning for Critical Thinking Skills in Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012103.
OECD. (2019). PISA 2018 results. Paris: OECD Publishing.
Pratama, R. G., & Suryani, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Quizizz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(1), 1-12.
Rahmawati, E., et al. (2022). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 61-72.
Ramadhani, N., Siregar, J. M., & Rajaguguk, W. (2024). TREN PENDIDIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN PERUBAHAN KURIKULUM DARI TAHUN 2006 SAMPAI DENGAN 2024 TINGKAT SMA. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(1), 51 - 61. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/153
Savery, J. R. (2006). Overview of problem-based learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9-20.
Setiawan, A., et al. (2020). Problem-based learning in mathematics education: A review of its effect on students' critical thinking. Journal of Educational Studies, 8(2), 112-124.
Siregar, A. R., Matondang, N. H., & Rajagukguk, W. (2024b). TREN PENELITIAN TESIS S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN: KAJIAN SISTEMATIS 2020-2023. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(1), 38 - 50. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/150.
Siregar, A. R., Sirait, A. A. K., Siahaan, A., Rahmah, D. P., Siregar, E. B., Nabilah, K., Khadijah, M., Matondang, N. H., & Br. Karo, N. H. (2024a). EKSPLORASI PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL: STUDI KASUS KELAS X SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(1), 15 - 26. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/149.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45-57.
Wagner, T. (2008). The global achievement gap. New York: Basic Books.
Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using Kahoot! for learning – A literature review. Computers & Education, 149, 103818.
Widyatiningtyas, R., et al. (2015). The Impact of Problem-Based Learning on Students' Critical Thinking Ability in Mathematics at Senior High School. Journal on Mathematics Education, 6(2), 30-38.
Wijaya, T. T., et al. (2022). Challenges and Opportunities in Implementing Problem-Based Learning with Quizizz in High School Mathematics During the Covid-19 Pandemic. Contemporary Mathematics and Science Education, 3(1), ep22004.
Zhao, F. (2019). Using Quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37-43.
Copyright (c) 2024 Putri Sonia Br Simarmata, Rahman Pratama Hasibuan, Waminton Rajagukguk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.