Pengaruh Model Flipped Classroom Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Classroom berbasis kearifan lokal terhadap penguasaan konsep mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran konvensional yang masih mendominasi di kelas, kurangnya variasi metode mengajar, serta kesulitan siswa dalam menghubungkan konsep abstrak dengan kehidupan sehari-hari. Metode Flipped Classroom yang membalik proses belajar tradisional, dipadukan dengan kearifan lokal diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan relevansi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental Design di SD Muhammadiyah 1 Lamongan. Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa kelas IV yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (menggunakan model Flipped Classroom berbasis kearifan lokal) dan kelompok kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa kelas regular A dan B memiliki nilai yang homogen, dan selanjutnya dilakukan penentuan kelas kontrol dan eksperimen secara acak. Analisis data dilakukan dengan uji-T untuk menguji signifikansi perbedaan mean antara kedua kelompok. Penelitian ini diharapkan memberikan bukti empiris mengenai efektivitas model flipped classroom berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan penguasaan konsep IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Referensi
Ahmad, T. P. (2024). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.
Andani, F. D. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MI Hidayatul Muflihin Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. 1(1), 12–18.
Aulia, N. D., Pratiwi, A., Nuri, A. Y., Malika, A., Yusnaldi, E., Islam, U., Sumatera, N., & Medan, U. (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS di SD Untuk Membentuk Karakter Cinta Budaya. Education Achievment: Journal of Science and Research. 6(1), 29–39.
Arifin, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Pelita.
Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 74.
Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar Ipa Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V Sdn 3 Panjerejo Di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1628
Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2018). Flipped Classroom Using Screencast-O-Matic Apps in Teaching Reading Skill in Indonesian Language. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(July), 16. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.25356
Hatmanti, N. M., & Septianingrum, Y. (2020). Flipped Clasroom Terhadap Hasil Belajar Asuhan Keperawtan Keluarga. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(02), 144–149.
Hediani, N. N. (2024). Penerapan Model Flipped Clasroom Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia : Studi Literature Review. 4(1), 253–261.
Faiza, N., & Siregar, R. (2023). Analisis Kesulitan Pemahaman IPA Siswa di Kelas IV SD Bina Satria Mulia. Terpadu :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(September), 138–143.
Irmaningrum, R. N., Arafatul, L., & Uswatun, I. (2021). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tanggap : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 50-63.
Lestari, A. D., Berti, Y., Rini, R. T. & Marpaung. (2018). Evektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kampung Jawa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah.
Meilisa, R., & Pernanda, D. (2020). Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Algoritma Dan Struktur Data. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 571–577.
Meylovia, D., & Alfin Julianto. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.128
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2081
Nurhadiat, D., & Syakdiyah, H. (2019). Inovasi Pembelajaran Flipped Classroomdalam upaya Penguatan Kompetensi dan Daya Saing Siswa Era Revolusi Industri4.0. Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(4), 33–46. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551974
Pendidikan, A. J., Humaniora, S., Batubara, S. M., Muhammadiyah, U., & Uatara, S. (2025). Peran Pendidikan Kebudayaan dalam Pelestarian Kearifan Lokal di Sekolah : Tinjauan Pustaka. 3.
Rahmayani, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Konsep Gerak Parabola. Skripsi, 4. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51240
Rajagukguk, F. H., & Weisdiyanti, N. (2023). Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Volume ( 1 ) Juli 2023. 17, 108–113.
Sa’adah, N., Hermita, N., & Fendrik, D. M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Primary Education, 6(2), 209–216.
Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389
Sari, I. (2023). Mempertahankan Kearifan Lokal Melalui Pendidikan: Kajian Filsafat Pendidikan dalam Konteks Masyarakat Mamasa. Institut Agama Kristen Negeri Toraja Abstrac, 1–8.
Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457
Sukma, R. R., Ismiyanti, Y., & Ulia, N. (2022). Pengaruh Blended Learning dengan model Flipped Classroom berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 142. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.142-156
Tenri K, B., Jamaluddin, J., & Muriati, S. (2022). Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 320 Marakkiung Kabupaten Bulukumba. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 36–46. https://doi.org/10.52208/embrio.v7i1.176
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##