Optimalisasi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar

  • Achmad Achmad Baharudin Universitas Muhadi Setiabudi
  • Khoerul Andini Universitas Muhadi Setiabudi
  • Atikah Mumpuni Universitas Muhadi Setiabudi

Abstrak

Kurikulum memegang peran strategis dalam dunia pendidikan. Kurikulum merupakan jantungnya kegiatan pendidikan. Kurikulum menjadi salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Namun kurikulum bukanlah benda mati yang tidak bisa disentuh ide perubahan. Perubahan kurikulum tidak dapat dilepaskan dari sifatnya yang memang harus selalu dinamis dan tuntutan perkembangan zaman. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sengon 05, Brebes, Jawa Tengah, untuk mengevaluasi penerapan Kurikulum Merdeka yang bertujuan memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka berdampak positif terhadap keterlibatan peserta didik dan pengembangan karakter. Para guru menyatakan pemahaman yang baik terkait Kurikulum Merdeka, peserta didik belajar sesuai minat dan bakat mereka. Meskipun terdapat tantangan seperti waktu dan sarana prasarana, kesiapan guru dan dukungan dari kepala sekolah berkontribusi pada keberhasilan implementasi. Penelitian ini menegaskan bahwa Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada pencapaian akademis tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial dan karakter peserta didik. Evaluasi keberhasilan dilakukan melalui analisis hasil raport pendidikan dan indikator lainnya, menunjukkan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Secara keseluruhan, SDN Sengon 05 berhasil menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik.

Referensi

Anis Aprianti, & Siti Tiara Maulia. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 181–190. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1507

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Darmansah, T., Hasibuan, E. E., Ul, A., Ray, M., Harahap, A., Aulia, S., & Harahap, F. (2025). Peran Kebijakan Pendidikan Berbasis Teknologi dan Motivasi Siswa di Era Digital. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 175–185.

Desi Susilawati. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan. Widina Media Utama.

Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108

Pahmi, S., Verianti, G., Winarni, W., Rahmadiani, O., & Azzahra, M. (2024). Peran Filsafat Ilmu Pendidikan dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 137–144. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.173

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 5(2), 76–87.

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.

Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1–17.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Diterbitkan
2025-04-25
Bagian
Articles