PREGI (PROGRAM EDUKASI GIZI DAN AKTIVITAS FISIK): PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU HIDUP SEHAT MELALUI GIZI SEIMBANG DAN AKTIVITAS FISIK BAGI ANAK SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM

  • Prayogi Dwina Angga Universitas Mataram
  • Muhammad Makki Universitas Mataram
  • Gita Prima Putra Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati Universitas Mataram
Keywords: sehat, edukasi, gizi, aktifitas fisik

Abstract

This community service activity aims to provide a learning experience or create conditions for individuals, groups, and families by opening channels of communication, information, and education to improve knowledge, attitudes, and behaviors so that people are aware, willing, and able to practice clean living and healthy behaviors. The implementation method for this community service program is the presentation method in the classroom using Powerful Presentation Techniques (PPT) media and live demonstrations. Overall, learning and counseling for elementary school children about balanced nutrition and physical activity through empowering teachers and parents has great potential to change the lifestyle of Indonesian children. Cakranegara State Elementary School 39, as the party involved, has shown high enthusiasm for accepting the concept of balanced nutrition and physical activity, which is reflected in the implementation of education carried out for its students regarding balanced nutrition and physical activity.

Author Biographies

Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Muhammad Makki, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Gita Prima Putra, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dyah Indraswati, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Achadi, E., Pujonarti, S. A., Sudiarti, T., & Putra, W. K. Y. (2010a). Sekolah Dasar Pintu Masuk Perbaikan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 5(1), 7.
Achadi, E., Pujonarti, S. A., Sudiarti, T., & Putra, W. K. Y. (2010b). Sekolah Dasar Pintu Masuk Perbaikan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 5(1).
Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18. https://doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214
Anugraheni, H. D., Afrikhah, U., Prihatiningrum, B. I., & Sholikhah, I. N. (2017). Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Meningkatkan Status Kesehatan Warga Sekolah. Jurnal INFO, 19(2), 9.
Arranury, Z. (2022). Peningkatan Kesadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Sekolah. Sociality: Journal of Public Health Service, 1, 67–71.
Aryo, W. B. (2020, April 29). Membangun SDM Indonesia Membangun Sinergitas. https://www.kemenkopmk.go.id/membangun-sdm-indonesia-membangun-sinergitas
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, -. (2023). Riset Kesehatan Dasar 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/4467/
Badan Pusat Statistik, B. P. S. (2023). Indeks Pembangunan Manusia. https://www.bps.go.id/subject/26/indeks-pembangunan-manusia.html#subjekViewTab1
Belinda, N. R., & Surya, L. S. (2021). Media Edukasi Dalam Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak-Anak. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 3(1), Article 1.
BTKLPP Kelas I Manado. (2016). Rencana Aksi Kegiatan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado Tahun 2015-2019. https://e-renggar.kemkes.go.id/file2018/e-performance/1-621928-4tahunan-509.pdf
Buana, G. (2022, Juli 26). Puluhan Ribu Anak Ikut Program Edukasi Gaya Hidup Sehat. https://mediaindonesia.com/humaniora/509770/puluhan-ribu-anak-ikut-program-edukasi-gaya-hidup-sehat
Damayanti, S., & Sumekar, A. (2021). Efektivitas Edukasi Tentang Pemilihan Jajanan Sehat Melalui Media Visual Leaflet Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Kanisius Kadirojo di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 14(1). https://doi.org/10.47317/jkm.v14i1.324
Darmawati, G. (2017). Sistem Pakar Menu Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Sains Dan Informatika : Research of Science and Informatic, 3(2), 72–81. https://doi.org/10.22216/jsi.v3i2.2792
Direktorat Kependudukan dan Jaminan Sosial, D. K. dan J. S. (2023). Penduduk Berkualitas Menuju Indonesia Emas: Kebijakan Kependudukan Indonesia 2020–2050. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). https://perpustakaan.bappenas.go.id/e-library/file_upload/koleksi/migrasi-data-publikasi/file/Policy_Paper/Buku%20Penduduk%20Berkualitas%20Menuju%20Indonesia%20Emas%20%20310522%20.pdf
Fitriani, A., Setyowati, Y. D., & Arumsari, I. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku Aktifitas Fisik Siswa Sekolah Dasar Melalui Edukasi Berbasis Praktik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4). https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2361
González, K., Fuentes, J., & Márquez, J. L. (2017). Physical Inactivity, Sedentary Behavior and Chronic Diseases. Korean Journal of Family Medicine, 38(3), 111–115. https://doi.org/10.4082/kjfm.2017.38.3.111
Hadiyanto, H., Prasetyo, T. D., Merini, D., & Yalisman, F. (2022). Menakar Keefektifan Mandatory Spending Bidang Pendidikan. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 7(2), 115–132.
Hanani, A. D. (2018). Determinan aktivitas fisik pada siswa SMA Negeri di Kota Depok Jawa Barat tahun 2018 [Tesis, Universitas Indonesia]. https://lib.ui.ac.id
Handayani, S. (2010). Perbandingan Efektifitas Pemberian Informasi Melalui Media Cerita Bergambar (KOMIK) Versi BKKBN dengan Media Leaflet. Gaster, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30787/gaster.v7i1.13
Harahap, H., Sandjaja, N., & Nur Cahyo, K. (2013). Pola Aktivitas Fisik Anak Usia 6,0–12,9 Tahun di Indonesia. GIZI INDONESIA, 36(2), 99. https://doi.org/10.36457/gizindo.v36i2.138
Izatulislami, D. S. N., & Kumaat, N. A. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik dan Kualitas Hidup Siswa Sekolah Dasar Negeri Kedungdoro IV Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(04).
J, H., Oktavidiati, E., & Astuti, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video dan Poster terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 75–85. https://doi.org/10.31539/jka.v1i1.747
Janah, A., & Rusdiana, F. K. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak SD Melalui Program Pendampingan Belajar di Masa Pandemi Desa Pagutan Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(3), 345. https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.430
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, K. K. R. I. (t.t.). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diambil 8 Oktober 2023, dari https://www.globalhep.org/sites/default/files/content/resource/files/2022-11/Profil-Kesehatan-2021.pdf
Knight, J. A. (2012). Physical Inactivity: Associated Diseases and Disorders. Annals of Clinical & Laboratory Science, 42(3), 320–337.
Kurniawan, F. (2018, Agustus 1). Strategi Pembangunan Kesehatan Masyarakat dan Konsep Paradigma Sehat | | Bengkulu News. https://www.bengkulunews.co.id/strategi-pembangunan-kesehatan-masyarakat-dan-konsep-paradigma-sehat/
Kurniawaty, L. (2017). Peningkatan Pengetahuan Tentang Makanan Sehat Melalui Kegiatan Bermain Cooking Class. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), Article 2. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/955
Makbullah, M., Muliarta, M., Pinatih, G. N. I., Sri Handari Adiputra, L. M. I., Ngurah, I. B., & Purnawati, S. (2018). Kebugaran Fisik Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Lebih Baik Dibandingkan Dengan Siswa yang Hanya Mengikuti Mata Pelajaran Penjas di SMPN 02 Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Sport and Fitness Journal, 6(2). https://doi.org/10.24843/spj.2018.v06.i02.p08
Modjadji, P., & Madiba, S. (2019a). Childhood Undernutrition and Its Predictors in a Rural Health and Demographic Surveillance System Site in South Africa. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(17), 3021. https://doi.org/10.3390/ijerph16173021
Modjadji, P., & Madiba, S. (2019b). The double burden of malnutrition in a rural health and demographic surveillance system site in South Africa: A study of primary schoolchildren and their mothers. BMC Public Health, 19(1), 1087. https://doi.org/10.1186/s12889-019-7412-y
Norlinta, S. N. O., & Wulandhari, R. (2021). Optimalisasi Kapasitas Fisik pada Siswa Sekolah Selama Pembelajaran Online. Jurnal Abdidas, 2(4), 975–981. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.400
Notoatmodjo, S. (2008). Kesehatan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Kesmas: National Public Health Journal, 2(5), 195. https://doi.org/10.21109/kesmas.v2i5.249
Nursoba, W., Angga, P. D., & Tahir, M. (2023). Pengembangan Media PIRAMASE (Piramida Makanan Sehat) bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5108
Pasaribu, R. M. (2015). Solusi Dalam Mengatasi Masalah Pembangunan Kesehatan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmiah DUNIA ILMU, 1(2), 9.
Pemerintah Provinsi NTB, P. P. N. (2020). Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2020-2023. Pemerintah Provinsi NTB. https://data.ntbprov.go.id/sites/default/files/RAD%20PG%20NTB%202020-2023_Final.pdf
Pinto, A. J., Roschel, H., de Sá Pinto, A. L., Lima, F. R., Pereira, R. M. R., Silva, C. A., Bonfá, E., & Gualano, B. (2017). Physical inactivity and sedentary behavior: Overlooked risk factors in autoimmune rheumatic diseases? Autoimmunity Reviews, 16(7), 667–674. https://doi.org/10.1016/j.autrev.2017.05.001
Rani, R. P. H. (2021). Analisis Paradigma Pembangunan di Indonesia. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i1.37
Rizkita, S. D., Sekartini, R., & Friska, D. (2022). Pola Aktivitas Fisik Anak Usia 10 Sampai 14 Tahun pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia dan Faktor-Faktor yang Berhubungan. Sari Pediatri, 24(3), 181. https://doi.org/10.14238/sp24.3.2022.181-8
Rosiana, W., Angga, P. D., & Tahir, M. (2023). Pengembangan Media Literasi Fisik (Melifis) bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4707
Rustiarini, F. S. A., Ilmi, I. M. B., Simanungkalit, S. F., & Nasrullah, N. (2021). Efektivitas Edukasi Komik Dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Orangtua Siswa Sekolah Dasar Mengenai Phbs Untuk Pencegahan Penularan Virus COVID-19: The Effect of Commic and Leaflet Education on The Improvement of Parents ’Knowledge of Elementary School Students About Phbs For Prevention of COVID-19 Virus Transmission. JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.35473/jgk.v13i2.124
Sekretariat Jendral Kementerian Kesehatan RI. (2015). Rencana Aksi Program Sekretariat Jenderal. https://www.kemkes.go.id/resources/download/RAP%20Unit%20Utama%202015-2019/1.%20Sekjen.pdf
Simanjuntak, F. N. (2015). Pendidikan Kimia Bahan Makanan untuk Membangun Kesadaran Makan Makanan Sehat. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.51212/jdp.v8i1.109
Sriawan. (2008). Menuju Siswa Sekolah Dasar Sehat. UNY Press.
Sugiarto, E. C. (2019, Juni 25). Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Menuju Indonesia Unggul. https://www.setneg.go.id/baca/index/pembangunan_sumber_daya_manusia_sdm_menuju_indonesia_unggul
Sukowati, S., & Shinta. (2003). Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Mengubah Perilaku Masyarakat Menuju Hidup Bersih dan Sehat. Media Litbang Kesehatan, XIII(2). https://media.neliti.com/media/publications/159806-ID-peran-tenaga-kesehatan-masyarakat-dalam.pdf
Sumini, S., Amikasari, B., & Nurhayati, D. (2014). Hubungan Konsumsi Makanan Manis Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak Prasekolah Di TK B RA Muslimat PSM Tegalrejodesa Semen Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Jurnal Delima Harapan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31935/delima.v1i1.41
Suryani, D., Sabrina, Y., Cholidah, R., Ekawanti, A., & Andari, M. Y. (2017). Studi Status Gizi, Pola Makan serta Aktivitas pada Anak Sekolah Dasar di Kota Mataram. Unram Medical Journal, 6(1). https://doi.org/10.29303/jku.v6i1.104
Suryawan, A., Jalaludin, M. Y., Poh, B. K., Sanusi, R., Tan, V. M. H., Geurts, J. M., & Muhardi, L. (2022). Malnutrition in early life and its neurodevelopmental and cognitive consequences: A scoping review. Nutrition Research Reviews, 35(1), 136–149. https://doi.org/10.1017/S0954422421000159
Susetyowati, Huriyati, E., Kandarina, B. J. I., & Faza, F. (2019). Peranan Gizi dalam Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular. UGM PRESS.
Tarigan, E. (2015, Agustus 13). Langkah Strategis Menuju Pembangunan SDM Indonesia Unggul [Text]. Universitas Indonesia. https://www.ui.ac.id/langkah-strategis-menuju-pembangunan-sdm-indonesia-unggul/
Thahir, A. I. A., & Masnar, A. (2021). Obesitas Anak dan Remaja: Faktor Risiko, Pencegahan, dan Isu Terkini. Edugizi Pratama Indonesia.
Trianasari, S., Herawati, H., & Gunawan, I. M. A. (2018). Media papan petak PGS dan Poster pada Penyuluhan Gizi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar. JURNAL NUTRISIA, 20(2), 61–66. https://doi.org/10.29238/jnutri.v20i2.102
Umboro, R. O., Ulandari, A. S., & Ramdaniah, P. (2022). Peningkatan Kesadaran Menjaga Kesehatan Diri dan Lingkungan Pada Anak Usia Sekolah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2027. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11488
Usmaran, M. A., Mulyo, G. P. E., Hastuti, W., Hapsari, A. I., & Kaffah, Z. S. (2019). Media Kalender dan Leaflet dalam Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Perilaku Makan Remaja Overweight. JURNAL RISET KESEHATAN POLTEKKES DEPKES BANDUNG, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i1.650
Vionalita, G., Kusumaningtiar, D. A., & Angkasa, D. (2022). Program Pengenalan Neurokognitif Untuk Perilaku Hidup Sehat di Siswa-Siswi Sekolah Dasar. 8.
Virdhani, M. H. (2023, September 2). Pelajar Indonesia Kurang Gerak, Sekolah Sehat Wajibkan Anak Olahraga. https://edukasi.okezone.com/. https://edukasi.okezone.com/read/2023/09/02/624/2875779/pelajar-indonesia-kurang-gerak-sekolah-sehat-wajibkan-anak-olahraga
Wahyuni, W., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Kajian Pemanfaatan Media Pembelajaran Leaflet Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 5(1), 35. https://doi.org/10.30821/biolokus.v5i1.1009
Wardani, W. G. W., & Winarni, R. W. (2021). Mendesain Poster Motivasi Sebagai Media Edukasi Anak-Anak Pemulung dan Dhuafa di Sekolah KAMI, Bekasi Barat. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 365–378. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1199
Watson, F., Minarto, M., Sukotjo, S., Rah, J. H., & Maryti, A. K. (2019). Pembangunan Gizi di Indonesia. Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat, Kementerian PPN/Bappenas. https://repository.stikespersadanabire.ac.id/assets/upload/files/docs_1634264569.pdf
Widodo, W. (2014). Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 281–294. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144
Wulandari, R. (2022). Poster Sebagai Media Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, Malang.
Yankusuma Setiani, D., & Indriati, R. (2023). Pemeriksaan Status Gizi Anak Sekolah Sebagai Upaya Pencegahan Masalah Gizi. Abdimas Kosala : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 63–69. https://doi.org/10.37831/akj.v2i2.286
Yiwang, D. M., & Sulystiowati, P. (2021). Pengembangan Media Leaflet Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional, 5.
Yogatama, B. K. (2021, Agustus 5). Ubah Paradigma ke Pembangunan Sumber Daya Manusia. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2021/08/05/ubah-paradigma-ke-pembangunan-sumber-daya-manusia
Yusuf, W. H. (2022). Faktor Resiko Stunting di Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. RCS Journal, 2(1), 34–45.
Published
2023-12-11
How to Cite
Angga, P. D., Makki, M., Putra, G. P., & Indraswati, D. (2023). PREGI (PROGRAM EDUKASI GIZI DAN AKTIVITAS FISIK): PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU HIDUP SEHAT MELALUI GIZI SEIMBANG DAN AKTIVITAS FISIK BAGI ANAK SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM . Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 3(2), 111 - 125. https://doi.org/10.29303/interaktif.v3i2.103