PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU SD NEGERI 17 AMPENAN
Abstrak
Proses belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 ini mengakibatkan pembelajaran menjadi terganggu disebabkan tidak diperbolehkan pembelajaran secara tatap muka. Akibatnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa pembelajaran dilakukan secara daring. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentunya guru harus lebih kreatif dan inovatif bagaimana menyusun strategi sehingga pembelajaran tetap menjadi efektif. Salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar digital dimana pada saat ini peran digital sangat penting sehingga penguasaan digital harus benar-benar dikuasai oleh guru. Adanya bahan ajar digital ini diharapkan proses pembelajaran daring ini lebih bermakna dan efektif walaupun banyak faktor lain yang menjadi penghambat. Walaupun peran bahan ajar digital ini sangat penting, ada beberapa masalah yang ditemukan dilapangan. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan di SDN 17 Ampenan bahwa: 1) perubahan setting pembelajaran dari luring ke daring menuntut guru untuk memperbaharui perangkat pembelajaran; 2) kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan platform pembelajaran online, seperti google meet, google classroom, dan zoom; 3) kurangnya kemampuan guru dalam menyusun dan mengembangkan ragam perangkat pembelajaran online; 4) guru belum memiliki pengalaman menyusun perangkat pembelajaran digital untuk pembelajaran daring. Kegiatan yang akan dilakukan sebagai solusi dari permasalahan di atas adalah tim pengabdian dari PGSD Universitas Mataram melakukan pendampingan penyusun bahan ajar digital untuk pembelajaran daring di sekolah mitra. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa selama ini guru masih kurang dalam menyusun maupun mengembangkan bahan ajar digital. Setelah dilakukan pendampingan, nampak guru- guru sudah mulai bisa menyusun dan memanfaatkan bahan ajar digital. Kegiatan seperti ini perlu diadakan setiap tahun. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan guru dapat mengembangkan bahan ajar yang dapat mendukung proses pembelajaran yang dilakukan secara daring.
Referensi
Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, Murfaizah, & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270.
Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan : Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5, 24–28.
Jiwandono, I. S., Degeng, N. S. I., & Kusmintardjo. (2017). Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Di Sdn Wonorejo 01 Lawang. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 6(21), 721–726. http://pasca.um.ac.id/conferences/inde x.php/sntepnpdas/article/view/935
Jiwandono, I. S., Khairunnisa, K., Oktaviyanti, I., Nurwahidah, N., & Wardani, K. S. K. (2021). Learning in 4.0 Era: Transformation of E-Learning to Strengthen Digital Literacy of Students’ Primary Teacher Education Study Program. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 406–410. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.117
Indariani, A., Amami Pramuditya, S., & Firmasari, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), 89–98. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3670
Nurhasanah, Ilham Syahrul Jiwandono, M. A. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Ppkn Kelas Iv Sdn Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 20202021. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1289–1296. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.229
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains (SAINTEKS).
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302.
Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57
Taradisa, Nidia., Jarmita, Nida., E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi COvid 19 MIN 5 Banda Aceh. UIN Ar- Raniry Banda Aceh, 1(1), 23.
Taufiqy, I., Sulthoni, S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berlandaskan Model Guided- Project Based Learning. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 705–711.