ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 CIBEBER PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING

  • Syifa Salma IKIP Siliwangi
Keywords: Discovery Learning, IPAS, Minat Belajar

Abstract

The purpose of this research is to examine the Discovery Learning model in IPAS education to assess the learning interest of elementary school students, particularly in the material on plant body functions. Discovery Learning is a learning approach that emphasizes the process of self-discovery and is expected to encourage students' interest in learning. The research method used is qualitative. The subjects of the study are fourth-grade students at SDN 1 Cibeber. The research instruments used include observation, observation sheets, questionnaires, and feasibility sheets. The results of the study indicate that students are more active and enthusiastic in learning with the Discovery Learning model. Through observations and questionnaires, students show that their involvement encourages interest in learning IPAS, with an average score of 85%. Thus, the implementation of Discovery Learning is effective in fostering students' interest in learning.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 2.
Akhiriyah, N. A., & Pratama, D. F. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika yang berhubungan dengan Bangun Datar dan Bangun Ruang di Kelas V SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(3), 129.
Amiraj, N., Soperijanto, H., Karma, I. N., Husniati, H., & Saputra, H. H. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROYEK MATEMATIKA MISSOURI (PMM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 10 MATARAM. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 8(1), 44.
Andari, N. R., Tauhid, L. M., Ratnadi, R., & Saputra, H. H. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 MARONG TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 8(2), 82-88.
Azizah, A., Rahman, A., & Ma'asi, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring) Terhadap Minat Belajar Siswa. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(4), 518.
Daris, D., Sunardi, S., & Hariyadi, N. (2023). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI MELALUI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DI SDN 1 WATES KEC. SLAHUNG KAB. PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 11(1), 44.
Daryanto. (2013). Pendidikan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan manusia. Gava Media, 9.
Dasep, M., Salsabila, R., & Azzahra, M. A. (2023). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Abdi Nusa, 3(3), 160.
Dewi, D. K., Safruddin, S., Setiawan, H., & Makki, M. (2021). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Rumak Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 45.
Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 152
Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(1), 30.
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 284.
Jaenab, S., & Fasha, L. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Keadaan Cuaca Tema 5 Di Kelas III SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 852-857.
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 86-87.
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2) 116.
Lutfiyani, A. H. (2024). Efektivitas penerapan model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar peserta didik kelas VA SDN Sendangmulyo 02. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(3), 598.
Marniati, M., Harjono, A., & Ermiana, I. (2020). PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 8(1), 36.
Novayanti, E., & Setiyadi, R. (2020). Pembelajaran Membaca Materi Menemukan Gagasan Pokok Pada Kelas V Sd Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(6), 310.
Novina, K. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Realia Pada Peserta Didik Kelas IV SD. Joyful Learning Journal, 12(2), 68.
SISWA KELAS V SDN 1 MARONG TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 8(2), 82-88.
Azizah, A., Rahman, A., & Ma'asi, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring) Terhadap Minat Belajar Siswa. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(4), 518.
Daris, D., Sunardi, S., & Hariyadi, N. (2023). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI MELALUI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DI SDN 1 WATES KEC. SLAHUNG KAB. PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 11(1), 44.
Daryanto. (2013). Pendidikan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan manusia. Gava Media, 9.
Dasep, M., Salsabila, R., & Azzahra, M. A. (2023). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Abdi Nusa, 3(3), 160.
Dewi, D. K., Safruddin, S., Setiawan, H., & Makki, M. (2021). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Rumak Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 45.
Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 152
Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(1), 30.
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 284.
Jaenab, S., & Fasha, L. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Keadaan Cuaca Tema 5 Di Kelas III SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 852-857.
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 86-87.
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2) 116.
Lutfiyani, A. H. (2024). Efektivitas penerapan model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar peserta didik kelas VA SDN Sendangmulyo 02. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(3), 598.
Marniati, M., Harjono, A., & Ermiana, I. (2020). PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 8(1), 36.
Novayanti, E., & Setiyadi, R. (2020). Pembelajaran Membaca Materi Menemukan Gagasan Pokok Pada Kelas V Sd Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(6), 310.
Novina, K. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Realia Pada Peserta Didik Kelas IV SD. Joyful Learning Journal, 12(2), 68.
Interpersonal Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus 3 Kopang. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(1), 44.
Triana, N., Patimah, S., Firdianti, A., Hakim, F. L., & Khoiri, N. (2025). Manajemen peserta didik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 8(2), 351.
Widyastuti, A., Pramasdyahsari, A. S., Subekti, E. E., & Sanjaya, D. (2024). Peningkatan hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV dengan model PBL berbantuan canva. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(3), 465.
Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis tpack menggunakan hawgent dynamic mathematics software. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3), 64.
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.
Yuliana, H., Nasruddin, N., Oktaviyanti, I., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Teknik Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 10 Mataram pada Muatan IPS Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 11-12.
Zainuddin, I., & Fikri, R. (2019). Penerapan discovery learning untuk mendongkrak minat belajar siswa di sekolah menengah. Jurnal Peningkatan Pendidikan, 22(3), 137–152.
Published
2025-06-19
How to Cite
Salma, S. (2025). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 CIBEBER PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING . Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 13(a), 110 - 119. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/345