IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENDESKRIPSIKAN PEMAHAMAN DAN DAYA INGAT SISWA DALAM IPAS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
This research is motivated by the low understanding and memory of students on Natural and Social Sciences material in Elementary Schools. Many students have difficulty in understanding and memorizing the terms contained in the material, and lack of interest in learning and less varied learning approaches. The purpose of this study is to describe the implementation of problem-based learning models in improving students' understanding and memory of Science material. This study uses a qualitative descriptive method with interview and documentation techniques, open questionnaires, evaluation sheets. The subjects of the study were 34 fourth grade students at SDN Cibeber Mandiri 1. The results of the study showed that the application of problem-based learning models was able to increase students' learning activity, and facilitate understanding of the material, and strengthen students' memory. Thus, problem-based learning models can be an effective learning alternative to improve the quality of Science learning in Elementary Schools.
References
Afandi, D. D., Subekti, E. E., & Saputro, S. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPAS. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 113-120.
Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397-3405.
Ani, R. Y., Harjono, A., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN Gugus X Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 8(1), 8-14.
Aprina, EA, Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada muatan IPA sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan , 13 (1), 981-990.
Astuti, P., & Ermiana, I. (2018). Pengaruh model Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 6(1), 21–27.
Azamti, R., Karma, I. N., Makki, M., & Ratnadi, R. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV A SDN 2 KELAYU UTARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(2), 79-87.
Bahja, A. W. T., & Hakim, L. (2025). Literature Review: Analisis Model Pembelajaran Efektif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 11-27.
Desnita, D., Dhalimunthe, K. N., Putri, K., & Zahra, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Kemempuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 154-160.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.
Hayati, R., Sari, AP, Irdawati, I., Ratnawati, R., Juita, D., & Lovita, N. (2024). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial , 4 (4), 2646-2653.
Ilham, I., Pujiarti, T., Ramadhan, S., & Wulan, W. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPAS di SDN 27 Dompu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 919-929.
Ismohandoyo, A., Wijayanti, A., & Suyari, S. (2024). Implementasi model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(6), 1136-1142.
Khairurrozi, K., Suryanti, N. M. N., Wahidah, A., Masyhuri, M., & Hamdi, H. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 TERARA. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 11(2), 1-7.
Kusmawati, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Pembelajaran Matematika di Kelas 3 SDN Cibaduyut 4. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 262-271.
Lestari, H., Fauziah, A., & Amaliyah, P. (2024). Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN, 11(2), 1-10.
Marniati, M., Harjono, A., & Ermiana, I. (2020). PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 8(1), 35-41
Meisiana, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Strategi Belajar Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Pada Siswa SMP (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Miladiyanti, M. F., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA FOTO UNTUK MENINGKATKAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 6(2), 49-55.
Mutmainnah, Y., Ratnadi, R., & Husniati, H. (2018). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 6(2), 63-69.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143.
Ndoya, M. K., Wau, M. P., Noge, M. D., & Qondias, D. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Di Kelas IV SDI Padhapae. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 12(1), 112-127.
Nisa, A. Z., Adam, A., & Jaya, S. U. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS VI SD. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 8(2), 233-239.
Nurliawati, N., Nurhasanah, N., Rosyidah, A. N., & Tahir, M. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND CLUB TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS III GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 37-43.
Nurvitasari, A. (2023). Penerapan model problem based learning untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep ips pada siswa kelas IV sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(4), 786-793
Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603-610.
Pratiwi, D. A., Djumhana, N., & Hendriani, A. (2020). Penerapan model PBL untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 11-18.
Rochanah, S. (2021). Upaya meningkatkan daya ingat tentang materi keseimbangan lingkungan dengan menerapkan teknik mind mapping. Journal on Education, 4(1), 114-127.
Rosfiani, O., Ramadhanti, E., Lutfiyanti, A., Heryawan, Z. N., Manal, M. S., & Hermawan, C. M. (2025). Implementasi P5 kurikulum merdeka sebagai pembentukan karakter beriman siswa di SMPN Satu Atap Cibitung Bekasi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 8(3), 603-613.
Rusman, B. C. A., Sumantri, M. S., & Zakiah, L. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6027-6036.
Sahanim, S., Jamaluddin, J., Bahri, S., & Artayasa, I. P. (2020). Perbandingan hasil belajar IPA peserta didik di SMPN 15 Mataram yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 1-10.
Sahara, I. D., Ratnadi, R., Tahir, M., & Hakim, M. (2022). PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS IV KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(1), 15-23.
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan model Pembelajaran project based learning Dan problem based learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744.
Sidik, G. T., Rohaeti, E. E., Murni, S., & Puspita, R. D. (2023). Kajian implementasi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 196-201.
Simarmata, P. S. B., Hasibuan, R. P., & Rajagukguk, W. (2024). PENGARUH MODEL PBL BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 51-58.
Soviani, R. H., Masruhim, M. A., & Kusumawardani, R. (2018, December). Analisis minat belajar dan daya ingat siswa yang diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan metode Mind Mapping. In Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (Vol. 1, No. Back Issue, pp. 98-103).
Sulistianingrum, FA, Suparman, T., & Anwar, AS (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 9 (04), 373-381.
Tirtoni, F., Fradana, A. N., & Nuroh, E. Z. (2025). Penguatan profil pelajar pancasila kelas 1 “aku cinta pancasila” melalui pendekatan project based learning berbasis media ular tangga digital. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 8(3), 646-655.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Zulfirman, R. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP , 3 (2), 147-153.
Copyright (c) 2025 Sofi Pathul Zahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.