TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TIPE CONNECTED PADA MATA PELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR

  • Linda Nuriyanti Universitas Mataran
  • Ida Ermiana
  • Lila Aprilia
  • Hilda Syahrani
  • Mahesa Zanuba Putri
  • Khairunnisa Khairunnisa
Keywords: integreted, connected, civic education, fifth grade, teacher, challenges, social skills

Abstract

Tantangan guru dalam mengelola waktu untuk pemberian tugas kelompok wawancara pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SD menjadi perhatian penting dalam proses pembelajaran. Tugas wawancara kelompok bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial, komunikasi, dan pemahaman peserta didik tentang nilai-nilai kewarganegaraan. Namun, pengelolaan waktu yang efektif sering kali menjadi kendala bagi guru, mengingat adanya berbagai komponen dalam pembelajaran yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru dalam mengatur waktu untuk tugas wawancara, termasuk alokasi waktu yang tepat, koordinasi antara kelompok, dan integrasi dengan materi pembelajaran lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi kesulitan dalam memastikan setiap kelompok mendapatkan waktu yang cukup untuk persiapan dan pelaksanaan wawancara, serta mengatur jadwal yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi guru dalam merancang dan melaksanakan tugas wawancara kelompok yang lebih efektif dan efisien.

References

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Insani, K. R., Ermiana, I., Shofa, G. Z., & Alfiana, I. F. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED DI SD NEGERI 9 MATARAM. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 1-7.

Leman, M. (2007). Manajemen Waktu dan Efektivitas Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1).

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sapriya. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. Anak Hebat Indonesia.

Yamin, M. (2010). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

How to Cite
Nuriyanti, L., Ermiana, I., Aprilia, L., Syahrani, H., Putri, M. Z., & Khairunnisa, K. (1). TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TIPE CONNECTED PADA MATA PELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 13(a), 16 - 22. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/201

Most read articles by the same author(s)