FAKTOR PENYEBAN KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERPADU MODEL FRAGMENTED
Abstract
Rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III dapat menyebabkan mereka tertinggal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 30 Mataram dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dalam membaca pemahaman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rendahnya minat baca siswa dan kurangnya dukungan dari orang tua menjadi faktor utama penyebab kesulitan tersebut. Untuk memperkaya penelitian ini, diharapkan peneliti berikutnya dapat lebih mendalami faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca pemahaman serta mencari strategi yang tepat untuk mengatasinya.
References
Annisa, N., Syam, U. K., & Mannong, A. B. M. (2023). Investigating The Students’ Reading Difficulties in Understanding English Text. English Language Teaching Methodology, 3(1), 123–130. https://doi.org/10.56983/eltm.v3i1.228
Artana, I. ketut. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak.
Ayuningrum, S., & Anungrat Herzamzam, D. (2021). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Chintya Safitri, I., Asri, S., Ayuningrum, S., Guru, P., Dasar, S., Kusuma, S., & Jakarta, N. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Hubungan Minat Membaca dengan Keterampilan Membaca Pemahaman.
Dimar, F. A., Widjojoko, & Wardana, D. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Melalui Strategi KWL (Know, Want, Learned) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Muncul 02. V. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/download/1707/942/5208
Eryani, E., Mustakimah, I., Octaviani, N., Sulastri Banyutresna, D., Ilmliah, J., Anak, P., & Dini, U. (2022). Simulasi Pembelajaran Terpadu Model Fragmented Edu Happiness. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v1i2
Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/
Kurniawati, U., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD.
Madani, E., Sulistyani, A., & Utami, D. (2022). Faktor dan Penanganan Kesulitan Membaca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Daarul Hikmah Tangerang. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(11), 1121–1130. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i11.28253
Pratiwi, A., Makki, M., Istiningsih, S., & Fauzi, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Memahami Isi Bacaan Cerita. Journal of Classroom Action Research.
Purnomo, F. S., Siddik, I. S., & Belitung, B. (2022). TEORI BELAJAR BRUNER DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Jurnal Pendidikan Islamm, 9(1), 46–50. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2353
Tri, O. :, Mufidah, N., & Yogyakarta, U. N. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA PELAJARAN BIG BOOK PADA SISWA KELAS III THE IMPROVERMENT OF READING COMPREHENSION THROUGH BIG BOOK MEDIA FOR 3 th GRADE STUDENTS.
Widianto, E., & Subyantoro, D. (2015). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS KLASIFIKASI MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN MEDIA GAMBAR. In JPBSI (Vol. 4, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Copyright (c) 2024 Isna Zuriatni, Ida Ermiana, Iin Juliana, Haerunnisa, Linda Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.