FAKTOR PENYEBAN KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERPADU MODEL FRAGMENTED

  • Isna Zuriatni Universitas Mataram
  • Ida Ermiana Universitas Mataram
  • Iin Juliana Universitas Mataram
  • Haerunnisa Universitas Mataram
  • Linda Aulia Universitas Mataram
Keywords: Membaca, membaca pemahaman, minat baca

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III dapat menyebabkan mereka tertinggal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 30 Mataram dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dalam membaca pemahaman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rendahnya minat baca siswa dan kurangnya dukungan dari orang tua menjadi faktor utama penyebab kesulitan tersebut. Untuk memperkaya penelitian ini, diharapkan peneliti berikutnya dapat lebih mendalami faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca pemahaman serta mencari strategi yang tepat untuk mengatasinya.

References

Annisa, N., Syam, U. K., & Mannong, A. B. M. (2023). Investigating The Students’ Reading Difficulties in Understanding English Text. English Language Teaching Methodology, 3(1), 123–130. https://doi.org/10.56983/eltm.v3i1.228

Artana, I. ketut. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak.

Ayuningrum, S., & Anungrat Herzamzam, D. (2021). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Chintya Safitri, I., Asri, S., Ayuningrum, S., Guru, P., Dasar, S., Kusuma, S., & Jakarta, N. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Hubungan Minat Membaca dengan Keterampilan Membaca Pemahaman.

Dimar, F. A., Widjojoko, & Wardana, D. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Melalui Strategi KWL (Know, Want, Learned) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Muncul 02. V. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/download/1707/942/5208

Eryani, E., Mustakimah, I., Octaviani, N., Sulastri Banyutresna, D., Ilmliah, J., Anak, P., & Dini, U. (2022). Simulasi Pembelajaran Terpadu Model Fragmented Edu Happiness. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v1i2

Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/

Kurniawati, U., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD.

Madani, E., Sulistyani, A., & Utami, D. (2022). Faktor dan Penanganan Kesulitan Membaca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Daarul Hikmah Tangerang. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(11), 1121–1130. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i11.28253

Pratiwi, A., Makki, M., Istiningsih, S., & Fauzi, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Memahami Isi Bacaan Cerita. Journal of Classroom Action Research.

Purnomo, F. S., Siddik, I. S., & Belitung, B. (2022). TEORI BELAJAR BRUNER DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Jurnal Pendidikan Islamm, 9(1), 46–50. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2353

Tri, O. :, Mufidah, N., & Yogyakarta, U. N. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA PELAJARAN BIG BOOK PADA SISWA KELAS III THE IMPROVERMENT OF READING COMPREHENSION THROUGH BIG BOOK MEDIA FOR 3 th GRADE STUDENTS.

Widianto, E., & Subyantoro, D. (2015). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS KLASIFIKASI MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN MEDIA GAMBAR. In JPBSI (Vol. 4, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Published
2024-12-01
How to Cite
Isna Zuriatni, Ida Ermiana, Iin Juliana, Haerunnisa, & Linda Aulia. (2024). FAKTOR PENYEBAN KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERPADU MODEL FRAGMENTED . Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 8 -14. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/187