IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED DI SD NEGERI 9 MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model tematik yang digunakan saat perencanaan
dan pelaksanaan pembelajaran tematik, kelengkapan perangkat guru, hambatan yang dihadapi oleh
guru serta faktor-faktor yang berkontribusi pada perbedaan model dalam perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri 9 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 6A dan siswa kelas 6A. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis
menggunakan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman yang mencakup pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
ketidaksesuaian model yang digunakan saat perencanaan dan model yang digunakan saat
pelaksanaan.
References
Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023).
Systematic literature review: Pengaruh media pembelajaran digital pada pembelajaran
tematik terhadap hasil belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–
Almuhayani, S., & Firman, F. (2019). Model Integrated, Motivasi dan Kompetensi Belajar
Peserta di Sekolah Dasar.
Armadi, A., & Astuti, Y. P. (2018). Pembelajaran terpadu tipe webbed berbasis budaya lokal
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum:
Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 185–195.
Eka Pratiwi Nurul Agustin, D. (n.d.). PEMBELAJARAN TEMATIK PENERBIT UWKS PRESS.
Ikhsani, S. R., Tangawunisma, A., Sholeha, A., Divanka, P., & Setiabudi, D. I. (2023).
Karakteristik Pembelajaran Tematik Yang Ideal Pada Sekolah Dasar. Student Scientific
Creativity Journal, 1(1), 290–295.
Marcelina, L., Erita, Y., & Fitria, Y. (2023). Pembelajaran tematik terpadu model integrated di
sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1–13.
Minar Trisnawati Tobing, S. Pd. , M. P. (2023). Pembelajaran Tematik (Rusli). Perkumpulan
Rumah Cemerlang Indonesia ANGGOTA IKAPI JAWA BARAT.
Nada, A. Q., Fitria, Y., & Helsa, Y. (2024). TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM
PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL INTEGRATED DI SEKOLAH DASAR
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3),
–244.
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 57 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 SEKOLAH
DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH. (n.d.).
Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.
Saputra, D. S., Yuliati, Y., Febriyanto, B., & Yonanda, D. A. (2020). Pendekatan Tematik Model
Integrated Pada Pembelajaran Membaca Pemahaman Di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan, 2, 983–994.
Smpnegeri1 Tanjungraja, M. (n.d.). Proceeding the 2nd SEA-DR DESIGN OF LEARNING
MATHEMATICS USING WEBBED MODELS.
Sopan Adrianto, S. E. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. PT Elex
Media Komputindo.
Sulhan, A., & Khairi, A. K. (2019). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
(SD/MI). CV. Sanabil.
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi pembelajaran tematik di kelas 2 SD Negeri Demangan
Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139.
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi pembelajaran tematik kelas
SD. Edcomtech, 1(2), 129–136.
Copyright (c) 2024 Kamila Rahmi Insani, Ida Ermiana, Ghaitsa Zahira Shofa, Intan Frida Alfiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.