PENTINGNYA PERWUJUDAN INTEGRASI NASIONAL DI TINGKAT PERGURUAN TINGGI
Abstract
Bangsa Indonesia dikenal dengan bangsa yang memiliki berbagai macam keberagaman suku bangsa, budaya, rasa persatuan dan kebersamaan yang sangat kental. Keutuhan dan keberagaman sebuah negara sangat bergantung pada integrasi nasional. Integrasi nasional di perguruan tinggi memiliki peran besar dalam menciptakan lingkungan akademik yang inklusif dan damai. Penelitian ini mempertimbangkan pentingnya upaya untuk mewujudkan integrasi nasional di perguruan tinggi sebagai cara untuk meningkatkan kehidupan akademik untuk memperkuat solidaritas. Penelitian ini mengeksplorasi metode apa yang dapat digunakan institusi pendidikan tinggi untuk mendorong integrasi nasional. Metode yang digunakan mencakup pengembangan kurikulum multikultural, program kolaboratif antarbudaya, dan meningkatkan kesadaran dan rasa kebangsaan mahasiswa. Penelitian ini juga berfokus pada peran perguruan tinggi sebagai agen pembentuk karakter dan pemimpin masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal-hal untuk mendorong integrasi nasional di perguruan tinggi tidak hanya memperkuat kesatuan bangsa tetapi juga membuat mahasiswa lebih memahami toleransi dan pluralisme. Selain itu, hasil ini dibicarakan tentang konsekuensi teoretis dan praktisnya, yang akan digunakan sebagai dasar untuk kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan di masa depan.
Kata Kunci: Integrasi Nasional, Keberagaman, Mahasiswa, Perguruan Tinggi
References
Ardana, A. (2019). Integrasi Nasional dalam Bhinneka Tunggal Ika. January. https://www.researchgate.net/publication/330278975
De Gani, F. A., & Sembiring, M. Y. G. (2023). Mengenal Identitas dan Integrasi Nasional Indonesia. Indigenous Knowledge, 1(2), 166–178.
Handy, M. R. N. (2016). Membangun Sikap Integrasi Bangsa Melalui Sejarah Nasional. Seminar Internasional Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kebangsaan, October 2016, 399–406.
Muhammad Rifqi Zamzami, & M. Rofiqul Majid. (2021). Urgensi Pendidikan Multikultural Dalam Membangun Integrasi Nasional. Istifkar, 1(2), 172–182. https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.47
Murtamadji. (n.d.). Konflik dan Tindak Kekerasan di Era Pasca Orde Baru dan Upaya Menumbuhkan Integrasi Nasional di Indonesia (Murtamadji) 95. 95–105.
Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Nasional Berbasis Mobile. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264–279. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.8685
Rahman, M. F., Safinatun Najah, Furtuna, N. D., & Anti. (n.d.). BHINNEKA TUNGGAL IKA SEBAGAI BENTENG TERHADAP RISIKO KEBERAGAMAN BANGSA INDONESIA.
Saravistha, D. B., Sutiapermana, A., Fardiansyah, H., Sembada, A. D., Riyanti, D., Rianda Usmi, Daelami Ahmad, S., Susilawati, E., Fathimah, S., Pasaribu, E., Ricky Santoso Muharam, F. M., Pravita, V. D., & Fitriani. (2022). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. https://books.google.co.id/books?id=1p5wEAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&printsec=frontcover&hl=id
Sukawati, K., & Perbawa, L. P. (2017). Peran Integrasi Nasional Dalam Memperkuat Kemajemukan Negara Indonesia Yang Berlandaskan Pancasila dan Kebinekaan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati, 1, 80–87.
Wiyanto, W., & Pamulang, U. (2019). PERAN MANAJEMEN PENGETAHUAN UNTUK MEMPERKOKOH INTEGRASI. September 2018.
Yohanes, S. (2021). PENERAPAN NILAI-NILAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN INTEGRASI NASIONAL MENUJU KEMANDIRIAN BANGSA. 7.
Copyright (c) 2024 Dwi Hermayanti, Difa Fatika Islami, Gisila Ariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.