MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SMPN 8 SATAP MAJENE MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR
Abstract
Literasi dan numerasi yang saat ini menjadi hal yang krusial dan menjadi bahan penilaian dalam AKM senantiasa berusaha ditingkatkan oleh pemerintah. Salah satu program yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yakni Kampus Mengajar hadir untuk mengambil peran dalam peningkatan literasi dan numerasi. Selain literasi dan numerasi, program ini juga berfokus untuk peningkatan adaptasi teknologi dan membantu administrasi di sekolah sasaran. SMPN 8 Satap Majene menjadi salah satu sekolah sasaran pada program Kampus Mengajar Angkatan 4 tahun 2022. Guna meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah tersebut, diadakan pendampingan khusus kepada siswa yang masih sangat kurang dalam hal membaca dan perhitungan dasar, membentuk kebiasaan membaca, serta bermain games numerasi melalui alat peraga dan gadget. Untuk meningkatkan adaptasi teknologi, siswa diperkenalkan dengan dasar-dasar pengoperasian komputer dan diajarkan mengerjakan soal-soal AKM. Adapun kegiatan membantu administrasi sekolah dilakukan dengan membantu guru menyusun perangkat pembelajaran, menata kembali perpustakaan, dan membantu pelaksanaan ujian.
References
Doddy. (2021, Desember). Evaluasi Program, Kampus Mengajar Berdampak Positif bagi Mahasiswa, Guru, dan Peserta Didik. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/evaluasi-program-kampus-mengajar-berdampak-positif-bagi-mahasiswa-guru-dan-peserta-didik/
Gunayasa, I. B. K., Zain, M. I., Wardani, K. S. K., & Astria, F. P. (2021). PENYULUHAN TENTANG PENGEMBANGAN LITERASI BACA DAN NUMERASI MELALUI MEDIA POP UP BOX DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PRAYA LOMBOK TENGAH. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(2), 1 - 10.
Hendayana, Yayat. (2021, Juni). Kampus Mengajar Angkatan 1 Selesai, Mahasiswa Tuai Pengalaman dan Keterampilan Selama Mengabdi. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kampus-mengajar-angkatan-1-selesai-mahasiswa-tuai-pengalaman-dan-keterampilan-selama-mengabdi/
Herlina, Neni. (2022, Februari). Kemdikbudristek Lepas 16.757 Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kemendikbudristek-lepas-16-757-mahasiswa-kampus-mengajar-angkatan-3-tahun-2022/
Humas UNP. (2020, Desember). Penarikan Mahasiswa dan Penutupan Kampus Mengajar Perintis. http://web.unp.ac.id/id/akademik/program-kampus-mengajar-perintis-tahun-2020-ditutup-oleh-mendikbud
Kemdikbud. (2022, Juli). Kemdikbudristek Lepas 14.504 Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 4. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/07/kemendikburistek-lepas-14504-mahasiswa-program-kampus-mengajar-angkatan-4
Rahayu, Ayu, Wiranto, & Marwah. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar Di SD Negeri 024 Tapparang. Sipissangngi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 153-162.
Rosita, Dewi Ayu & Damayanti, Rini. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42 – 49.
Rustandi, Dwi. (2020, Oktober). Kampus Mengajar Perintis Bantu Pembelajaran Sekolah di Tengah Pandemi. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kampus-mengajar-perintis-bantu-pembelajaran-sekolah-di-tengah-pandemi/