PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR TERINTEGRASI DENGAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA GURU SD DI SDN 8 CAKRANEGARA

  • Darmiany Darmiany
  • Nurhasanah Nurhasanah
  • Khairun Nisa
  • I Nyoman Karma
  • Iva Nurmawanti Universitas Mataram
Keywords: diagnostic assessments, teaching modules, independent curriculum

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mendampingi guru dalam menyusun modul ajar. Hal ini guna untuk meningkatkan kemampuan pedagogic guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 8 Cakranegara dan diikuti oleh 15 peserta yaitu guru dan kepala sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan tiga tahap kegiatan yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian diketahui bahwa semua peserta kegiatan jalannya kegiatan dengan antusias. Semua peserta dapat menyusun modul ajar dengan baik hal ini diketahui dari hasil modul ajar yang dikumpulkan oleh peserta.

References

Laulita, U., Marzoan and Rahayu, F. (2022) ‘Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik Pada Kurikulum Merdeka’, JPIn: Jurnal Pendidik IndonesiaJurnal Pendidik Indonesia, 5(2), pp. 63–69.

Lestari, D., Asbari, M. and Yani, E.E. (2023) ‘Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan’, Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), pp. 85–88.

Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif. JE (Journal of Empowerment), 3(1), 82-92.

Mukhlishina, I., Danawati, M. and Wijayaningputri. Arinta (2023) ‘Penerapan Modul Ajar sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV di Sekola Indonesia Kuala Lumpur’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), pp. 126–133.

Nawawi, S., Antika, R. N., Wijayanti, T. F., & Abadi, S. (2017, April). Pelatihan pembuatan modul ajar berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Universitas PGRI Madiun (pp. 42-46).

Oematan, T.O. et al. (2022) ‘Panduan Model Katekisasi Holistik dan Berkelanjutan Untuk Membangun Pembelajaran Bermakna Sesuai Karakteristik Gereja Lokal’, I-Com: Indonesian Community Journal, 2(3), pp. 658–664. Available at: https://doi.org/10.33379/icom.v2i3.1869.

Setiadi, D., Wilian, S., & Sridana, I. N. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MA AL-AZIZIYAH PUTERI KAPEK, GUNUNGSARI DALAM MENGEMBANGKAN INSTRUMEN ASESMEN SIKAP DAN KETERAMPILAN HASIL BELAJAR. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(1), 20-25.

Supriyadi, S. et al. (2022) ‘Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka’, Journal of Community Empowerment, 2(2), pp. 67–73. Available at: https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886.

Triwijaya, H., & Nababan, R. R. (2022). SOSIALISASI ASESMEN PENDIDIKAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR BAGI GURU SD NEGERI 02 CODO KABUPATEN MALANG. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 2(2), 43 - 47. https://doi.org/10.29303/interaktif.v2i2.82

Wahyuningsari, D. et al. (2022) ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar’, Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), pp. 529–535. Available at: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301.

Published
2024-06-07
How to Cite
Darmiany, D., Nurhasanah, N., Nisa, K., Karma, I. N., & Nurmawanti, I. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR TERINTEGRASI DENGAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA GURU SD DI SDN 8 CAKRANEGARA . Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 28 - 32. https://doi.org/10.29303/interaktif.v4i1.144