PENDAMPINGAN PBM BERBASIS STEM DI SMP MUHAMMADIYAH KARTOSENTANAN MERAUKE
Abstract
STEM merupakan salah satu jenis pendekatan yang menggabungkan sains, teknologi, teknik dan matematika dalam kegiatan belajar siswa. Telah dilakukan survey kepada guru IPA SMP Muhammadiyah Kartosentanan sudah mengetahui apa itu pendekatan STEM akan tetapi masuh kesulitan dalam pengaplikasianya dalam PBM. Pendampingan yang telah dilakukan terdadap kepada guru IPA sebagai berikut: 1) mengadakan FGD pada guru IPA, 2) mengadakan BIMTEK mengenai STEM, 3) mengembangkan RPP berbasis STEM, 4) mengevaluasi, 5) melakukan revisi RPP yang telah dikembangkan oleh guru. Beberapa guru telah mampu mengembangkan RPP dengan kategori sangat baik sebesar 67% dan 33% lainya masuk dalam kategori baik. Hasil pengembangan RPP yang telah dilakukan dapat dijadikan prototype dalam pembelajaran STEM
References
Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(Vol 11 No 1), 50–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3942
Ilmi, S. A., Ratnawati, R., & Subhan, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5976–5983. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1839
Lukitawanti, S. D., Parno, & Kusairi. (2020). Pengaruh PjBL-STEM Disertai Asesmen Formatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 5(2), 83–91. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/
Putra, A. P., & Utami, N. H. (2022). Pendampingan Perencanaan Pembelajaran Ipa Berpendekatan STEM Di Wilayah Kota Banjarmasin Assistance Planning Science Learning With A Stem Approach In Banjarmasin menggunakan strategi STEM dalam pembelajaran IPA di tingkat SMP , Selain itu jika pemanfaatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 369–375.
Putri, C. K., & Juandi, D. (2023). Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Penalaran Matematis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 350. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14720
Rahman, A., Suharyat, Y., Ilwandri, I., Santosa, T. A., Sofianora, A., Gunawan, R. G., & Putra, R. (2023). Meta-Analisis : Pengaruh Pendekatan STEM berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2111–2125. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.545
Setyowati, T. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Inkuiri Topik Klasifikasi Makhluk Hidup. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(1), 8. https://doi.org/10.20527/binov.v1i1.7020
Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA sekolah dasar berbasis problem-based learning untuk siswa learning disabilities Development of primary school natural science lesson plan based on problem-based learning for learning disabilities students. 4(2), 191–202.
Copyright (c) 2024 Aprilita Ekasari, Algiranto Algiranto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.