Penyuluhan Tentang Pengembangan Literasi Baca Dan Numerasi Melalui Media Pop Up Box di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Praya Lombok Tengah

  • Ida Bagus Kade Gunayasa Universitas Mataram
  • Moh. Irawan Zain Universitas Mataram
  • Ketut Sri Kusuma Wardani PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Fitri Puji Astria PGSD FKIP Universitas Mataram
Keywords: counseling, development of reading literacy, numeracy, pop-up box

Abstract

In this era of modernization, the growth of reading and numeracy literacy is expected and required. Nevertheless, significant training is required to use pop-up box media to promote reading and numeracy literacy in a novel way. This community service activity takes the form of counseling and training, which can be divided into two categories: public lectures and guided exercises. Preparation, supplying tools and materials, implementation, and assessment are the processes that will be carried out in this activity in detail. Based on the outcomes of the activities, the implementation of this counseling activity proceeded successfully, and the activities were completed according to the timetable. Preparation, provision of tools and resources, implementation, and evaluation all went off without a hitch. The community service team supplied a response questionnaire relating to the activity's implementation to gauge the success of the activity, with the results of the activity's execution being excellent.

References

Aisyah, A. M. 2018. “Pengembangan Media Pop Up Box Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar” (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Aprinawati, I. 2017. “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur.
Serang:Laksita Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.
Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., & Sriwarthini, N. N. 2021. Pengembangan LKPD Literasi Sains Berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 136-141.
Kosasih, E. 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya: Bandung.
Kurniawan, Endang dan PPPPTK Bahasa. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Martani, F. R. R. W. 2020. Pengembangan Media Exploding Box Pada Materi Ciri-Ciri Dan Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Skripsi.
Maulida, K. T. 2018. “Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MI AtThohiriyyah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018“ (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).
Ni'mah, N. I. 2014. “Efektifitas Penggunaan Media Pop Up Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mertoyudan Magelang”. Skripsi.FBS-UNY.
Paringan, O. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop Up 3D Pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 1 Di Kelas IV Sekolah Dasar” (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Safri, M., Sari, S. A., & Marlina, M. 2017. “Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia” (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107-113.
Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Wahyuni,R. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV DiSd/Mi” (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Wardani, K. S. K., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2016. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu dengan setting inquiry laboratorium bermuatan content local genius untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Published
2021-12-20
How to Cite
Gunayasa, I. B. K., Zain, M. I., Wardani, K. S. K., & Astria, F. P. (2021). Penyuluhan Tentang Pengembangan Literasi Baca Dan Numerasi Melalui Media Pop Up Box di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Praya Lombok Tengah. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(2), 1 - 10. https://doi.org/10.29303/interaktif.v1i2.11

Most read articles by the same author(s)