PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN TENTANG PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TPACK PADA GURU SDN MITRA KOTA MATARAM

  • I Nyoman Karma Karma Universitas Mataram
  • I Ketut Widiada Universitas Mataram
  • Lalu Hamdian Affandi Universitas Mataram
Keywords: Perangkat pembelajaran inovatif, pengetahuan, keterampilan

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan pengembangan perangkat pembelajaran inovatif merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki guru sebagai pendidik yang profesional. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dibidang pengembangan perangkat pembelajaran inovatif berbasis TPACK. Untuk mencapai tujuan tersebut, disusun rencana kegiatan pelatihan dan pendampingan yang pelaksanaannya dibagi dalam tiga tahapan yakni: a) kegiatan awal, b) kegiatan inti, dan c) kegiatan akhir. Masing-masing sesi kegiatan dipandu dan didampingi oleh anggota tim sebagai nara sumber. Metode pelaksanaannya, yaitu: metode ceramah, diskusi-tanya jawab, pelatihan (praktek), pendampingan, dan metode tes; sedangkan metode analisis data hasil pelatihan dan pendampingan digunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini berupa hasil tes awal (pretest) dan hasil tes akhir (post-test). Hasil tes awal menunjukkan bahwa 6 orang (40.00 %) peserta mencapai hasil baik, 9 orang (60.00 %) peserta mencapai hasil cukup baik, dan rata capaian peserta tergolong baik. Hasil tes akhir menunjukkan bahwa 6 orang (40.00 %) peserta mencapai hasil baik, 9 orang (60.00 %) peserta telah mencapai hasil sangat baik, dan rata-rata capaian peserta tergolong sangat baik. Rata-rata peningkatan hasil pelatihan dan pendampingan tersebut tercatat 15.60 %. Secara umum kegiatan ini telah berhasil mendorong para guru dan kepala sekolah untuk mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya sebagai hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan tentang pengembangan perangkat pembelajaran inovatif secara berkelanjutan.

 

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran inovatif, pengetahuan, keterampilan.

References

Ali Muhtadi, 2019. Pembelajaran Inovatif, Modul 3, Jakarta: https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login?service=https://api-elearning-ppgdaljab.simpkb.id
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Dewantara. Ki Hadjar. 1977. Karya Ki Hadjar Dewantara bagian pertama: pendidikan.
Eka Swari Pratiwi, I Nyoman Karma, dan Husniati. 2022. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research. November 2022, Volume 4 Nomor 4, 200-204. http://jppipa.unram.ac.id /index.php/jcar/index.
Estu Miyarso. 2019. Perancangan Pembelajaran Inovatif, Modul 4. Jakarta: https://paspor-gtk.belajar. kemdikbud.go.id/casgpo/login?service=https://api-elearning-ppgdaljab. simpkb.id
https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud. go.id /casgpo/login?service=https: //api-elearning-ppgdaljab.simpkb.id
https://lms10-ppgdj.simpkb.id/mod/ googlemeet/view. php?id=22141
.https://lms10-ppgdj.simpkb.id/course /view. php?id=200§ionid=3683
Karma, dkk., 2017. Penyuluhan Tentang Penerapan Penilaian Proses dan Hasil Belajar Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 Kota Madya Mataram. Laporan Penelitian Hibah PNBP. Universitas Mataram.
Karma, dkk., 2019, Penerapan Penilaian Proses Dan Hasil Belajar Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 Kota Madya Mataram 2018/2019, Vol. 2 No. 2, Mei 2019, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, (e. 2614-7939), (p-2614-7947).
Maliki. 2016. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Suatu Pendekatan Imajinatif. Jakarta: Kencana.
Pujiriyanto, (2019) Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21, (Modul 2), Jakarta: Direktorat Pembinaan GTK Kemendikbud.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Winda Amelia, tt., Pengantar Pendidikan, Kajian Konsep dan Teori, (Modul), Jakarta: Universitas Trilogi.
Witono, A. Hari, I Ketut Widiada, dan Niswatul Khair. 2018. Partisipasi Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (BK) di SD Kota Mataram NTB. Penelitian dibiayai dengan Dana DIPA (PNBP) Unram, 2018. LPPM Universitas Mataram.
Published
2023-12-11
How to Cite
Karma, I. N. K., Widiada, I. K., & Affandi, L. H. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN TENTANG PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TPACK PADA GURU SDN MITRA KOTA MATARAM. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 3(2), 95 - 104. https://doi.org/10.29303/interaktif.v3i2.101