EFEKTIVITAS PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI FILM NUSSA DAN RARRA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA SANGATTA UTARA

  • Nurul Farhin Arif
  • Deni Setiawan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Pendidikan Karakter, Anak Usia Sekolah Dasar, Film Nussa dan Rarra.

Abstract

Pendidikan karakter adalah pondasi dasar yang harus ditanamkan pada diri anak sejak usia sekolah dasar. Hal tersebut tidak hanya melalui pengajaran orangtua tetapi juga dapat dilakukan melalui tontonan yang bermutu seperti animasi Nussa dan Rarra. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui efektivitas penanaman pendidikan karakter melalui film Nussa dan Rarra terhadap anak usia sekolah dasar di Desa Sangatta Utara 2. Mengetahui hasil penanaman Pendidikan karakter melalui film Nussa dan Rarra terhadap anak usia sekolah dasar di Desa Sangatta Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian anak-anak usia sekolah dasar di Desa Sangatta Utara, Orangtua, serta Masyarakat di Desa Sangatta Utara. Objek penelitian ini adalah Efektivitas Penanaman Akhlakul Karimah Melalui Film Nussa dan Rarra Terhadap Anak Usia Dini di Desa Sangatta Utara. Teknik Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling dimana pemilihan informan didasarkan pada kriteriatertentu. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penanaman Pendidikan karakter melalui film Nussa dan Rarra terhadap anak usia sekolah dasar di Desa Sangatta Utara diberikan melalui mencontohkan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan film Nussa dan Rarra sebagai media yang menarik dan bermutu dalam menanamkan nilai-nilai etika dan moral pada anak. Penanaman pendidikan karakter melalui Nussa dan Rara terhadap anak usia sekolah dasar di Desa Sangatta Utara memberikan hasil yang baik hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor seperti peningkatan ranah kognitif (pengetahuan) maupun afektif (sikap) anak, dan juga film Nussa dan Rarra memberikan orangtua alternatif dalam mengajarkan anak nilai-nilai etika dan moral dalam bentuk yang modern sehingga anak tidak hanya menonton tetapi juga dapat belajar dari tontonannya.

References

Brahma, I.A. (2020). “Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta” . Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(2), 97-102.
Demillah, Airani. (2019). "Peran Film Animasi Nussa dan Rara dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Ajaran Islam pada Pelajar SD". Jurnal Interaksi 3(2). 106-115.
Mawardati, Nuzoela. (2021). “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Kartun Nussa dan Rara Episode Adab Makan dan Adab Tidur”, Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Media, Kompas Cyber. ""Nussa", Animasi Dalam Negeri yang Hadirkan Hiburan Mendidik untuk Anak Halaman all". KOMPAS.com. Diakses di https://hot.detik.com/spotlight/d-4351883/nussa-di-balik-istilah-nusantara, pada tanggal 18-06-2022.
Richard and Haya. (2016). The information Of E learning. International Journal of Computer Science and Mobile Computing 5(2). 274-280.
Sugiarto. (2017). “Metodologi Penelitian Bisnis.” Yogyakarta: Andi
Suryana, Dadan. (2019). “Hakikat Anak Usia Dini”. PAUD4107 /MODUL1,1.8
Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep Dan Teori, Jakarta: PT Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan Konseling Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana
Ummami, Niswa Nadya. (2019). “Peran Film Animasi Nussa dalam Penanaman Akhlak Siswa Kelas 2 SD Negeri Rejosari Pakis Magelang”, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Zaini, Herman, and Kurnia Dewi . (2017). "Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini". Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1). 81-96.
Published
2023-06-26
How to Cite
Arif, N. F., & Setiawan, D. (2023). EFEKTIVITAS PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI FILM NUSSA DAN RARRA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA SANGATTA UTARA. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 11(1), 9 - 17. Retrieved from http://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/90

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'