PENGUATAN KOMPETENSI GURU DAN MAHASISWA CALON GURU MENGHASILKAN KARYA TULIS ILMIAH
Abstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dan mahasiswa calon guru menghasilkan karya tulis ilmiah melalui workshop penulisan artikel ilmiah untuk jurnal nasional dan internasional. Perserta pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru dan mahasiswa calon guru dan diikuti 186 peserta. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi atas tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan,dan tahap evaluasi. Materi utama pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi atas tiga yaitu: jenis artikel ilmiah, langkah penting penulisan artikel ilmiah, dan struktur artikel ilmiah. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini ditunjukkan oleh antusiasme peserta mengikuti kegiatan sampai akhir, banyaknya pertanyaan dari peserta, ide-ide penulisan karya tulis ilmiah dari peserta, dan beberapa draf artikel ilmiah yang diajukan oleh peserta pada akhir kegiatan.
Referensi
Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, Khuluqo, I. EL. (2020). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(01), 22–30.
Dirjen DIKTI. (2012). Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DITJEN DIKTI) nomor 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah.
Hidayah, R., Maharani, D. K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107-110.
MenPAN-RB. (2009). Peraturan Menteri Pemberdayaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungisonal Guru dan Angka Kredit.
Menteri Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.
Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 278. http://repository.unib.ac.id/11133/.
Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.
Nurlina, Mutmainna, Lutfin, N. A., Sabar, M., & Bintoen, J. T. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA Negeri 1 Campalagian. DINAMISA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(1), 189-195.
Pemerintah. (2005). Undang-Undang Nomor 15 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Susetyo, S., Basuki, R., Noemarmanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 2(1), 28-34.
Suyatno & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi