PELATIHAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN TPACK MELALUI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG MEMBERDAYAKAN UNTUK MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang
  • Muchtar Muchtar PGSD FIP Universitas Negeri Malang
Kata Kunci: TPACK, Models of learnings, elementary schools

Abstrak

Adanya pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini memberikan dampak pada pendidikan formal, yaitu mulai sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Dampak tersebut tak terkecuali dialami oleh sekolah-sekolah dasar yang tedapat di Gugus 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Adanya pandemi tersebut menyebabkan kegiatan belajar mengajar (KBM)yang semula offline berubah menjadi online. Kondisi tersebut tentunya mengakibatkan perubahan-perubahan dalam sistem pembelajaran, diantaranya yaitu perubahan pendekatan pembelajaran dan model-model pembelajaran yang digunakan dalam KBM. Studi lebih lanjut diperoleh data bahwa agar KMB tetap terlaksana tentutanya dibutuhkan alat-alat teknologi yang dapat menghubungan antara pendidik dengan peserta didik. Permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu bagaimana pendidik dapat memanfaatkan dan menggunakan alat-alat teknologi tersebut dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dianggap koheren dengan situasi dan kondisi saat ini salah satunya yaitu pendekatan TPACK. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti bertujuan untuk memberikan tindakan berupa arahan dan pendampingan kepada guru-guru sekolah dasar Gugus 1 di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang tentang pengimplementasian pendekatan TPACK melalui model-model pembelajaran yang membudayakan untuk merdeka belajar di sekolah.

Referensi

Ariyana, Y. (2018). TPACK Framework. (Online). (https://p4tkipa.kemdikbud.go.id/blog/index.php/2018/06/28/tpack-framework/). Diakses pada 7 Maret 2019.

Chai, C. S., Koh, j. H. L., & Teo, Y., H. (2018)(. Enhancing and Modelig Teachers’ Design Beliefs and Efficacy of Technological Pedagogical Content Knowledge for 21st Century Quality Learning. Journal of Educational Computing Researh: 0(0) 1-25 (2018). DOI: 10.1177/0735633117752453.

Herring, M. C., Kohler, M. J., Mishra, P., Rosenberg, J. M., & Teske, J. (2016). Introduction to the Second Edition of the TPACK Handbook. New York: Routledge.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013a). Panduan Teknis: Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013b). Panduan Teknis: Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdas.

Koehler, M., J., & Mishra, P. 2009. What Is Technology Pedagogical Content Knowledge?. Michigan: Michigan State University.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Pidato Mendikbud pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019. (Online). (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/pidato-mendikbud-pada-upacara-bendera-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2019). Diakses pada 17 Desember 2020.

Rahayu, S. Kerangka TPACK dan Komponen Pengetahuan. (Online). (https://www.researchgate.net/profile/Sri-Rahayu-16/publication/331986261/figure/fig1/AS:740520452186112@1553565242896/Gambar-1-Kerangka-TPACK-dan-Komponen-Pengetahuan-Sumber-http-TPACKorg_Q320.jpg). Diakses pada 7 Maret 2019.

Suwanto, Fevi Rahmawati., Kartika, D., & Niska, D. Y. (2021). Pelatihan Fitur Google Bagi Guru SD Negeri 105267 Sei Mencirim. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(2), 17 - 22. https://doi.org/10.29303/interaktif.v1i2.12

Diterbitkan
2022-06-20
Bagian
Articles