PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEDIA SEDERHANA KELAS AWAL
Abstrak
Seorang guru pada jaman era society 5.0 saat ini perlu mengembangkan bahan ajar menjadi menarik. Siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan pengabdian masyarakat tentang pelatihan pengembangan bahan ajar media sederhana kelas awal. Pemilihan topik mengenai pengembangan bahan ajar yaitu untuk mengembangkan bahan ajar yang kurang beragam, beberapa media sederhana belum spesifik, dan kurang mencapai tujuan pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik. Pentingnya pengabdian masyarakat yaitu sebagai sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan sebagai penunjang bahan ajar pembelajaran tematik, sebagai wadah untuk pembelajaran yang lebih inovatif, serta menambah wawasan tentang pengembangan bahan ajar media sederhana. Metode pengabdian yaitu pemecahan masalah untuk peningkatan pengetahuan guru-guru SD Muhammadiyah 1 Sidoharjo Lamongan dengan melakukan pengembahan bahan ajar media sederhana. Kesimpulan pengabdian adalah kegiatan pengabdian dapat meningkatkan pengetahuan guru, peningkatan pengetahuan peserta dilakukan dengan penyampaian materi dengan dilakukan simulasi pengembangan bahan ajar media sederhana.
Referensi
Istiqa, Rahma Putri And Enjoni, Enjoni. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Berbasis Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Komponen Ekosistem Kelas V Sd Negeri 54 Anak Air Kota Padang. Universitas Bung Hatta. Http://Repo.Bunghatta.Ac.Id/Id/Eprint/5474
Manalu, Pienti Mala Ningsih. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Peta Pikiran Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 5 Medan. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/28647
Mega, Agatha Ariyandhi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Membatik Bagi Siswa Sekolah Dasar Dengan Media Batik Cap Sederhana. Bandung: http://repository.upi.edu
Prastowo, Andi. 2016. Pengembangan bahan ajar tematik. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Septi, Hadistia Mardathila. 2018. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Jenis Spesimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang. UIN Raden Fatah Palembang. Http://Repository.Radenfatah.Ac.Id/Id/Eprint/12469
Siddiq, M. Djauhar. 2008. Pengembangan bahan pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.
Supriyono, Sunarwo Widha, Suparmi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPA Dengan Media Geometri Sederhana Berorientasi Pada Prestasi Belajar Peserta Didik. 2252-7893, Vol 3, No III (hal 140-147), http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains.
Syarifudin, Umar. 2018. Pengembangan Media Papan Magnet Jaring-Jaring Makanan Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Di Sdn Balongsari 2 Mojokerto. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/Id/Eprint/11851
Ulya, H., & Rofian, R. (2019). Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 140-149. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.12166