PENGOLAHAN BUAH ANGGUR DAN MANGGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA MASYARAKAT DESA SOKONG KECAMATAN TANJUNG LOMBOK UTARA

  • Ilham Syahrul Jiwandono Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
  • Itsna Oktaviyanti Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
  • Khairunnisa Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
  • Muhammad Yusuf Malindra Universitas Mataram
  • Egi Erlangga Universitas Mataram
  • Ni Putu Widiastini Universitas Mataram
  • Smartha Dayana Putri Universitas Mataram
  • Ali Alfian Universitas Mataram
  • Sofyan Hadi Universitas Mataram
Keywords: anggur, mangga, dodol

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam pembangunan suatu negara ataupun daerah. Dengan keberadaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu daerah, diharapkan mampu menjadi pendukung dalam melakukan pembangunan dan peningkatan daerah. Hal ini akan berjalan dengan baik apabila sumber daya manusia tersebut dibekali dengan ilmu, latihan dan keterampilan. Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur masyarakat Desa Sokong, Kabupaten Lombok Utara melalui kegiatan pengolahan buah anggur dan mangga menjadi dodol. Metode pengabdian ini meliputi tahap pengumpulan bahan dan simulasi pembuatan dodol, sosialisasi pembuatan dodol, pembuatan dodol, pengemasan produk. Hasil pengabdian ini adalah: antusiasime masyarakat dalam kegiatan pembuatan dodol masih kurang dikarenakan masyarakat tidak terbiasa dalam berwirausaha membuat dodol, sehingga tim pengabdian berinisiatif untuk door to door ke rumah warga dan berhasil menarik masyarakat dalam membuat dodol. Setelah program ini selesei dilaksanakan, diharapkan minat masyarakat dalam berwirausaha dapat meningkat.

References

Herwin, M. (2014). Identifikasi Aktivitas Ekstrak Etanolik Buah Mangga (Mangifera Indica L.) Pada Mencit Jantan (Mus Musculus) Sebagai Produk Imunoglobulin (IgM). As-Syifaa, 8(2), 98–104.
Luqyana Z. T. M, & Husni, P. (2019). Aktivitas Farmakologi Tanaman Mangga (Mangifera indica L.): Review. Jurnal Farmaka, 17(2), 187.
Nabila, J. R., Lailaturohmah, S., & Aulia, M. E. (2022). Potensi Buah Anggur Sebagai Anti Aging Alami Dalam Perspektif Sains Dan Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 4, 150–154.
Pasaribu, H. U., Ali, A., & Hamzah, F. (2015). Pemanfaatan Mangga Arum Manis Dalam Pembuatan Dodol Dengan Perbedaan Konsentrasi Tepung Ketan Dan Rumput Laut. Jom Faperta, 2(2), 10–14. https://doi.org/10.3969/j.issn.1008-0813.2015.03.002
Susetyarsi, T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, BentukKemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan PengaruhnyaTerhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman MizoneDi Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 21–22.
Syahland, M. R., & Setyawati, A. (2013). Efektifitas penggunaan buah anggur (vitis vinifera l.) sebagai bahan untuk pemutih gigi (bleaching) berdasarkan perbedaan konsentrasi. Idj, 2(1), 50–56.
Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Published
2022-06-22
How to Cite
Ilham Syahrul Jiwandono, Oktaviyanti, I., Khairunnisa, Muhammad Yusuf Malindra, Egi Erlangga, Ni Putu Widiastini, Smartha Dayana Putri, Ali Alfian, & Sofyan Hadi. (2022). PENGOLAHAN BUAH ANGGUR DAN MANGGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA MASYARAKAT DESA SOKONG KECAMATAN TANJUNG LOMBOK UTARA. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 2(1), 21 - 27. https://doi.org/10.29303/interaktif.v2i1.50